Terminologi Interaksi Manusia & Komputer
• INTERAKSI
Komunikasi 2 arah antara manusia (user) & sistem komputer.
• MANUSIA
Komunitas pengguna yang memanfaatkan teknologi komputer dan komunikasi (ICT), untuk mendukung aktivitas kerja di berbagai bidang.
• KOMPUTER
sebuah alat bantu / tools yang digunakan untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data yang dibutuhkan untuk diproses menjadi informasi yang diperlukan.
1. GENERASI KOMPUTER
- Komputer Generasi Pertama (1946-1956) – Komponen TABUNG HAMPA
Contohnya : ENIAC, EDVAC, IBM 701, NCR 120, UNIVAC
- Komputer Generasi Kedua (1957-1963) – Komponen TRANSISTOR
Contohnya : Honeywell 800, IBM seri 7000, UNIVAC 1107, Philco 2000
- Komputer Generasi Ketiga (1964-1979) – Komponen IC
Contohnya : NCR Century, IBM S/360, Honeywell 2000, UNIVAC 9400
- Komputer Generasi Keempat (1980-1999) – Komponen CHIP LSI/VLSI
Contohnya : IBM PC, IBM AS 400, Fujitsu DS/90
- Komputer Generasi Kelima (2000-sekarang) – Komponen MPP
MPP : massively paralel processor / core 2 duo, dual core
Contohnya : PC-DESKTOP, Notebook, NETBOOK, PC-TABLET,
2. KLASIFIKASI KOMPUTER BERDASARKAN UKURAN
- Mainframe Komputer, Mini Komputer, Mikro Komputer, Super Komputer
3. KLASIFIKASI KOMPUTER BERDASARKAN BIDANG KAJIAN
- General purpose computer
- Special purpose computer
Perbedaan Masyarakat Agraris, Masyarakat Industri, dan Masyarakat Informasi
No. | Bidang Kajian | Masyarakat Agraris (1930-1970) | Masyarakat Industri (1971-1995) | Masyarakat Informasi (1996-Sekarang) |
1. | Sumber daya yang diolah | Angin, Air, Tanah, Manusia | Listrik, bahan bakar minyak, PLTU, PLTA, PLTN | Komputer, Transmisi data, Komunikasi data, satelit |
2. | Sumber daya yang dibutuhkan | Bahan mentah, alam | Modal, Capital Asset | Pengetahuan, Knowledge management |
3. | Keahlian SDM yang dibutuhkan | Petani Tanpa skill tertentu | Ahli mesin Skill khusus | Profesional Skill tinggi |
4. | Teknologi yang digunakan | Alat manual | Teknologi mesin | Teknologi cerdas (AI) |
5. | Prinsip Perkembangan | Tradisional | Pertumbuhan ekonomi | Penerapan pengetahuan dalam teknologi |
6. | Mode produksi dalam bidang ekonomi | Pertanian, pertambangan, peternakan, perikanan | Produksi, pabrikasi, distribusi barang, konstruksi berat | Transportasi, perdagangan, asuransi, real estate, kesehatan, rekreasi, penelitian, pendidikan, pemerintahan |
SISTEM KOMPUTERISASI
Unjuk kerja MESIN 90% & unjuk kerja MANUSIA hanya 10%
Contohnya :
ATM (automatic teller machine / anjungan tunai mandiri), Assembling Mobil,
Pabrik Rokok & Industri Elektronik, RPH Cakung.
KOMPUTERISASI SISTEM
Unjuk kerja MESIN 50% & unjuk kerja MANUSIA 50%
Contohnya :
Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru, Sistem Informasi Perbankan, Sistem
INVENTORY Pabrikasi, Sistem Informasi Perpustakaan ON-LINE, Sistem
Administrasi Pelayanan Rumah Sakit berbasis WEB, dan lain sebagainya.
Personil yang terlibat dalam KOMPUTERISASI SISTEM yang berhubungan dengan Interaksi Manusia dan Komputer untuk perancangan USER INTERFACE :
1. IT PROJECT MANAGER
2. SISTEM ANALIS
3. PROGRAMMER (Junior & Senior)
4. SPESIALIS KOMUNIKASI DATA / JARINGAN KOMPUTER
5. Personil Penjamin Kualitas (Quality Assurance)
Perbedaan Program studi (PRODI)
TEKNIK INFORMATIKA dengan SISTEM INFORMASI
TEKNIK INFORMATIKA (Computer Science)
Program Studi ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.
SISTEM INFORMASI (Information Systems)
Program Studi ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis dapat secara efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.
ANALOGI AWAM
Perbedaan Prodi TI dan SI, mirip dengan perbedaan jurusan KEDOKTERAN dan KESEHATAN MASYARAKAT. yang satu lebih bersifat teknis, satunya lebih bersifat manajerial. Konon dokter bertugas mengobati orang sakit, sarjana kesehatan masyarakat bertugas mengelola rumah sakit ; menjadi kepala rumah sakit, klinik, puskesmas, dengan kata lain: menjadi bosnya dokter.
| TEKNIK INFORMATIKA | SISTEM INFORMASI |
| menekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi | menekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi |
Variasi Nama Jurusan/Prodi | Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya | Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi, dan lain sebagainya. |
Kurikulum | Kurikulumnya akan sangat kental dengan ilmu pengetahuan terkait dengan logika matematika, komputasi, dan algoritma - yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer. | Kurikulum harus ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing (the value of information technology to the business). |
Cakupan Ilmu | -Spektrumnya sangat beragam dari yang sangat teoritis dan algoritmis, hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas. -Terbagi menjadi tiga bagian utama yang fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan: a. dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak. b. dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya. c. sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu. | -Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi -Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan. -Mempelajari aspek penting bagaimana “informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi. |
0 Response to "Materi Terminologi Interaksi Manusia dan Komputer"
Posting Komentar